Kamis, 19 Agustus 2010

Bagaimana Bersikap Sebagai Seorang Wirausaha?

Menjadi seorang wirausaha lebih dari sekedar sebuah pekerjaan atau karier. Berwirausaha adalah suatu gaya hidup dengan prinsip-prinsip tertentu yang akan mempengaruhi strategi karir anda. Bersifat fleksibel dan penuh imajinasi, mampu merencanakan, mengambil keputusan dan tindakan untuk mencapai tujuan. Anda harus siap dan bersedia bekerja dalam keadaan serta situasi yang berubah-ubah dan terkadang penuh keragu-raguan. Hal ini berarti bahwa anda harus mampu menganalisis diri sendiri dalam hubungan dengan lingkungan tempat anda berada.dalam bertinda anda harus mampu menyusun prioritas sasaran dan hasil yang hendak dicapai. sasaran dan hasil tersebut haruslah berupa hal yang dapat diukur dan berarti. Sasaran tersebut juga harus bersifat menantang dan memberi motivasi kepada anda untuk belajar dan berkenbang dalam karir. salah satu cara belajar yang paling baik adalah jika anda melakukan hal-hal yang menarik minat anda dan jika anda mempunyai komitmen pada tujuan-tujuan tertentu.
      Mungkin dalam menimbang-nimbang apakah anda memenuhi persyaratan sebagai seorang wirausaha, ada baiknya anda menjawab daftar pertanyaan berikut secara jujur dan spontan:
1) Apakah tugas atau kegiatan anda sekarang menuntut agar anda percaya pada diri sendiri?
2) Apakah anda biasanya mempunyai motivasi diri untuk memncapai tujuan dengan tepat dan sukses?
3) Apakah anda dapat bekerja bersama orang lain dengan baik?
4) Apakah anda biasa mengambil peran kepemimpinan di dalam satu kelompok?
5) Apakah anda memanfaatkan waktu untuk meluaskan pengetahuan anda dengan membaca, berdiskusi, atau
    mengikuti kursus-kursus pendidikan?
6) Apakah anda dapat berkomunikasi dengan baik?
7) Apakah anda seorang pendengar yang baik?
8) Apakah prestasi-prestasi anda menunjukkan bahwa anda berkembang secara pribadi dan profesional?
9) Apakah anda memiliki citra diri yang positif?
10)Tujuan-tujuan apakah yang ingin anda capai dan apakah tujuan-tujuan ini merupakan tantangan?
dst....
Sepintas lalu tampaknya pertanyaan-pertanyaan di atas cukup sederhana. Namun kalau dikaji lebih dalam dan matang, hal itu merupakan persyaratan dasar untuk menjadi pemimpin atau wirausaha. Persoalan lebih rumit lagi kalau dikaitkan dengan mereka yang aktif di bidang perusahaan kecil, karena segala tujuan, mulai dari perencanaan sampai pencapaian hasil, berada di tangan si pengusaha yang dibebani berbagai fungsi manajemen dan praktis tidak mempunyai bawahan atau asisten yang mampu mengimbanginya.
     daftar pertanyaan di atas bisa saja ditambah sesuai dengan bobot atau jenis maupun spesifikasi bidang usaha. Yang jelas, seorang wirausaha harus betul-betul perwira sejati dan tidak pernah puas diri, tetapi terus mencari- dan mencari. Harta terbesar untuk mempertahankan kemampuan berwirausaha adalah sikap positif terhadap hal apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar: